Senin, 08 Desember 2014

Cara Membuat Kuah Bakso




Selain pentol bakso, kuah bakso pun menentukan enak tidaknya menu bakso. Membuat kuah bakso yang enak sebenarnya sangat mudah. Kuah dapat diolah dari daging yang mempunyai lapisan lemak maupun dari tulang sapi. Berikut adalah cara membuat kuah bakso dari tulang sapi. Kuah bakso bening, dengan aroma kaldu sapi yang mantap dan rasa gurih adalah ciri khas kuah bakso yang lezat. Kuah bakso dapat dibuat sendiri, Berikut langkah-langkah pembuatannya :

  • Tulang sapi Sediakan 1 potong tulang sapi dengan ukuran menengah yang dapat dibeli pada pedagang daging sapi. Potong jadi tiga bagian.
  • Bahan bahan untuk bumbu Untuk bumbu, sediakan 12 butir bawang putih yang telah dimemarkan, 2 sdt bubuk merica dan garam dan gula secukupnya,  (dapat juga ditambahkan kaldu instan jika lebih menyukai rasa yang lebih mantap sekitar 2-5 sascet sedang sesuaikan dengan selera)
  • Air Masak 3 liter air sampai mendidih menggunakan api sedang. Masukkan tulang sapi kemudian didihkan beberapa saat kemudian kecilkan api kompor.
  • Proses merebus Tambahkan bawang putih yang telah dimemarkan (jika kurang suka bau bawang putih, Sanganlah (goreng tanpa minyak) terlebih dahulu hingga kecoklatan lalu haluskan). Rebus menggunakan api kecil sampai mendidih dalam 1 jam dan tinggal 1/3 bagian.
  • Bumbu untuk kuah Tambahkan bubuk merica plus garam dan gula (kaldu instan jika suka), icipi rasanya (tambahkan bumbu jika rasanya masih kurang sesuai selera). Panaskan lagi menggunakan api kecil sampai mendidih sebentar kemudian matikan api kompor.
  • Kuah siap disiramkan ke dalam mangkok yang sudah diisi racikan bakso.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar